Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Download

Recent Posts

10 Fitur Tersembunyi WhatsApp yang Wajib Sobat Ketahui

10 Fitur Tersembunyi Pada Whatsaap

Aplikasi olah pesan WhatsApp sekarang telah diunduh oleh lebih dari 1 miliar orang di penjuru dunia. 

Dan akhir-akhir ini, bahkan WhatsApp disebut-sebut jadi aplikasi chatting terpopuler di Android.

Lalu, apakah sobat adalah salah satu pengguna WhatsApp ini? Jika iya, beberapa fitur 'tersembunyi' pada WhatsApp ini wajib dong sobat ketahui.

Apa aja si mba??? Yukk cek di bawah ini :

1. Hilangkan Tanda Cheklist Biru alias Tanda Pesan yang sudah dibaca


Tanda checklist berwarna biru itu menandakan bahwa pesan sobat telah dibaca oleh rekan anda (penerima pesan) demikian juga sebaliknya.

Tetapi, jika sobat ingin merahasiakan dan tidak ingin orang lain mengetahui apakah pesannya telah Anda baca atau belum, WhatsApp memberikan sebuah trik, yakni dengan menghilangkan tanda ceklis biru.

Caranya sih simpel dan cukup mudah, sibat tinggal masuk ke menu Setting, kemudian tap Account dan masuk ke opsi Privacy. sesudah itu pilih Read Receipts ganti menjadi off.

2. Simpan Percakapan ke File Teks


Mungkin untuk fitur ini cukup ditunggu-tunggu oleh sobat pengguna WhatsApp. Karena seringkali ada beberapa hal penting yang ingin kita simpan menjadi teks dari sebuah percakapan.
 
Gimana sih caranya mba rahma ???

Langkah pertama, buka menu chat individu atau grup. Tap tombol Menu, lalu pilih Select More, dan terakhir pilih opsi Select Email chat. 

Dalam email tersebut akan langsung terlampir sebagai chat history dalam bentuk dokumen di file manager.

 

3. Menyembunyikan Last Seen (waktu terakhir online)

WhatsApp membuat para sobat untuk mengetahui waktu online terakhir dari pengguna lainnya. Namun, jika sobat tidak ingin dilihat sedang online, bisa sobat atur dengan menyembunyikan Timestamp atau memilih orang-orang tertentu yang bisa melihatnya.

Caranya sebagai berikut, menuju ke Setting, kemudian pilih Privacy, dan pilih antara My Contact atau Nobody untuk menentukan siapa yang bisa melihat kapan waktu terakhir kita online di WhatsApp.

 

4. Backup dan Restore pesan

Jika sobat memiliki ponsel android baru dan tidak ingin kehilangan semua file yg ada di whatapp dari ponsel sebelumnya. Langkah ini rupanya mungkin untuk bisa dilakukan, bagaimana caranya?

Pertama masuk ke menu Setting pada WhatsApp, kemudian pilih Chat dilanjutkan dengan memilih Chat Backup. Lalu, pilih Back Up Now untuk mulai mem-backup.

Untuk menyimpan kembali pesan tersebut di ponsel baru, Anda akan ditanya apakah ingin menyimpan kembali pesan-pesan yang sudah ter-backup saat meng-install aplikasi.

 

5. Memblokir teman kontak

Fitur ini rupanya memang berguna untuk menghindari Anda dari pesan-pesan spam (sampah) atau jika sobat tak mau menerima pesan dari seseorang.

Caranya cukup mudah : sobat tinggal pilih nama kontak atau nomor telepon kemudian pilih Block this Contact.

 

6. Mengetahui kontak mana yang paling sering berinteraksi

WhatsApp juga memungkinkan pengguna mengetahui siapa kontak yang paling sering berinteraksi dengan sobat.

Cara mengetahuinya sih gampang hanya dengan masuk ke Setting, pilih Account, kemudian pilih Storage Usage. WhatsApp bakal langsung menampilkan daftar kontak yang paling sering berinteraksi dengan Anda.

 

7. Beri bintang pada pesan

Fitur ini sangat berguna sekali untuk menandai informasi-informasi penting yang terdapat didalam aplikasi. Caranya, tekan agak lama pada sebuah pesan hingga muncul kotak dialog.

Pilih tanda bintang. Kemudian, untuk melihat pesan yang telah Anda bintangi, masuk ke Setting, kemudian pilih Starred messages.

8. Format message


Fitur baru yang ditambahkan oleh pengembang mungkin sudah diketahui oleh pengguna setia WhatsApp. Ada tiga jenis format, yakni Bold atau menebalkan huruf yang bisa dilakukan dengan menambahkan tanda bintang di depan dan belakang kata-kata yang hendak ditebalkan. Contohnya : *bold*

Kemudian yang kedua adalah mencoret huruf, dengan cara menambahkan tanda (~) di depan dan belakang huruf yang hendak dicoret. Contoh: ~tilde~

Terakhir adalah memiringkan huruf, caranya dengan menambahkan tanda (_) di depan dan belakang huruf yang hendak dimiringkan. Contoh: _Italics_

 

9. Block auto-file saving

Caranya dengan masuk ke Setting, Chat, dan pilih off untuk Incoming Media.

 

10. Mute Obrolan Group

Sebuah obrolan grup di WhatsApp kadang menjadi sangat banyak dan tak sempat kita ikuti. Alih-alih berguna, obrolan itu justru menambah pemakaian daya dan membuat baterai cepat drop. WhatsApp pun memberikan fitur untuk me-mute notifikasi grup.

Pada ponsel Android, buka Chat, pilih tombol Menu, kemudian pilih Mute sesuai dengan waktu yang dikehendaki. Misalnya satu hari, seminggu, atau setahun.

Untuk smartphone iPhone, buka Chat, pilih subject yang ingin ditampilkan pada Group Info Screen. Kemudian tap Mute sesuai waktu yang dikehendaki.

Baca juga : Cara Mudah Download Aplikasi Instagram Ala Rahma Droid

Itulah 10 Fitur Tersembunyi Whatsaap yang wajib sobat ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semua, dan jangan lupa share yaa. Terimakasihh

Sumber : liputan6.com
Tag : Trik Android
0 Komentar untuk "10 Fitur Tersembunyi WhatsApp yang Wajib Sobat Ketahui"

Back To Top